Beranda | Artikel
Qadha Puasa Bagi Yang Menyusui
Senin, 11 April 2022

Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn ditanya:

Ada seorang wanita yang puasanya pada bulan Ramadhan batal karena nifas dan tidak bisa mengqadha‘ karena harus menyusui sampai bulan Ramadhan berikutnya datang. Apa yang wajib ia lakukan?

Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn رحمه الله menjawab:

Wajib bagi wanita ini berpuasa untuk menggantikan hari-hari puasa yang dibatalkan meskipun setelah Ramadhan kedua. Karena wanita ini tidak mengqadha‘ dengan sebab udzur. Akan tetapi, jika tidak memberatkan baginya untuk mengqadha‘ pada musim dingin meskipun sehari demi sehari, maka ia harus melakukannya meskipun sedang menyusui.

Oleh karena itu, hendaklah wanita ini menguatkan tekad mengqadha‘ Ramadhan sesuai dengan kemampuannya sebelum datang bulan Ramadhan yang kedua. Jika tidak memungkinkannya untuk mengqadha‘, maka tidak mengapa ia menundanya sampai Ramadhan berikutnya.

(Fatâwâ fî Ahkâmish-Shiyâm, Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn, hlm. 381).


Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn ditanya:

Seorang wanita tidak berpuasa pada bulan Ramadhan karena baru melahirkan, dan ia tidak mengqadha‘ puasa bulan Ramadhan itu. Kejadiannya sudah sangat lama, sementara itu ia tidak bisaberpuasa. Bagaimanakah hukumnya? Berilah fatwa kepada kami. Semoga Allah عزوجل memberikan ampunan kepada Anda?

Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn رحمه الله menjawab:

Wanita ini wajib bertaubat kepada Allah عزوجل dari perbuatannya, karena seseorang tidak boleh menunda qadha‘ Ramadhan sampai bulan Ramadhan (tahun berikutnya) kecuali karena udzur yang dibenarkan syariat. Karena itu, ia wajib bertaubat.

Kemudian, jika masih mampu berpuasa meskipun sehari demi sehari, maka hendaklah ia berpuasa. Jika tidak mampu, hendaklah ia memperhatikan; jika ketidakmampuannya itu karena udzur yang bersifat tetap, maka ia harus memberikan makan kepada satu orang miskin sebagai ganti satu hari puasa. Jika ketidakmampuannya itu karena udzur yang bersifat sementara yang diharapkan bisa hilang, maka ia menunggu sampai udzur itu hilang, kemudian setelah itu ia mengqadha‘ apa yang menjadi kewajibannya.

(Fatâwâ fî Ahkâmish-Shiyâm, Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn, hlm. 382).

Edisi Ramadhan (06-07)/Tahun XI/1428H/2007M


Artikel asli: https://majalahassunnah.net/fatawa/qadha-puasa-bagi-yang-menyusui/